Hologram - Khayalan yang jadi Kenyataan

Author: Reza and Bromo // Category:
Perkembangan teknologi komunikasi tidak pernah ada habisnya. Manusia tidak pernah puas dan selalu berusaha mencari inovasi terbaru yang dapat memudahkan mereka dalam berkomunikasi. Pada zaman dahulu, banyak orang yang berkhayal untuk dapat menghadiri sebuah pertemuan tanpa harus mendatangi tempatnya secara langsung. Khayalan ini dapat kita temukan dalam film star trek dan star wars yang berlatar kehidupan luar angkasa.
Namun, khayalan tersebut sekarang bukan lagi hanya sebuah khayalan belaka, melainkan telah menjadi sebuah kenyataan hasil dari kemajuan teknologi komunikasi. Khayalan tersebut diwujudkan oleh Musion Systems yang dimotori oleh Ian O’Connell di Inggris melalui teknologi hologram. Hologram disini bukan stiker yang berwarna perak tapi hologram disini adalah sebuah teknologi yang memungkinkan seseorang berada di dua tempat berbeda dalam waktu yang bersamaan dan melakukan sebuah komunikasi tatap muka namun pelaku komunikasi terpaut jarak yang jauh.
Cara kerja dari teknologi ini adalah pertama-tama objek yang ingin ditampilkan, direkam terlebih dahulu. Kemudian, dengan menggunakan semacam kertas yang tidak terlihat (Paper Ghost) dan sebuah proyektor yang bisa menampilkan objek tiga dimensi dengan tingkat definisi yang tinggi.




Contohnya, seorang reporter CNN, Jessica Yellin tampil secara virtual di depan seorang reporter, Wolf Blitzer dalam rangka laporan hasil pemilu di Amerika Serikat kemarin. Meskipun jarak kedua reporter tersebut berselisih puluhan bahkan ratusan mil, tapi mereka bisa berkomunikasi seolah-olah mereka saling berhadapan langsung. Sebuah terobosan yang mencengangkan. Yellin tampak nyata berada di studi CNN di New York, padahal ia sedang berada Chicago. Untuk melakukan itu, teknisi CNN butuh 44 kamera definisi tinggi yang dipasang mengelilingi narasumber agar bisa memproyeksikan hologram. Narasumber diambil gambarnya dari berbagai sudut. CNN menggunakan 44 kamera dan 20 komputer di masing-masing lokasi tempat wawancara. Kamera ini mengambil gambar narasumber yang sedang diwawancarai sejauh 360 derajat. Gambar diproses dan diproyeksikan oleh kamera dan komputer di New York. Selain itu juga terdapat TV plasma di Chicago dan Phoenix. Selain digunakan oleh stasiun televisi CNN, Teknologi ini pun pernah digunakan oleh pangeran Charles ketika berceramah di sebuah konfrensi di Inggris dan ketika juara dunia FI, Lewis Hamilton hadir di acara Reebok promotional event di Amsterdam. Teknologi ini merupakan gabungan hasil pengembangan dari teknologi kamera, televisi, dan komputer

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Hologram dalam Berkomunikasi.
Kelebihan
1. Membuat komunikasi jarak jauh menjadi semakin hidup dan terlihat nyata.
2. Menghemat waktu dan tenaga yang digunakan untuk menghadiri sebuah pertemuan.
3. Mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan saat perjalanan menuju tempat pertemuan.
Kekurangan
1. Komunikasi cenderung berjalan satu arah, karena kita tidak dapat bertanya dan berinteraksi dengan objek dalam hologram.
2. Rumit. Karena membutuhkan alat-alat yang mutakhir untuk melalukan teknologi ini.

Dampak Postif

Pengguna akan merasa seperti benar-benar berkomunikasi langsung, sehingga komunikasi dapat menjadi jauh lebih hidup dari sebelumnya dan mengurangi polusi udara dan tingkat kemacetan yang diakibatkan oleh penggunaan kendaraan bermotor.

Dampak Negatif
Perkembangan teknologi ini akan membuat manusia menjadi lebih individualistis serta membuat manusia menjadi malas untuk menghadiri pertemuan-pertemuan yang sebenarnya bisa membuat kita berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

Sumber data :
www.musion.co.uk
www.inilah.com
nikorudy.wordpress.com

5 Responses to "Hologram - Khayalan yang jadi Kenyataan"

Anonim Says :
Minggu, 03 Mei, 2009

perkembangan IPTEK yang terjadi dewasa ini emang melahirkan beberapa tekhnologi baru, ya salah satunya kaya hologram ini.
Tapi kenapa ya pengembangan hologram yang udah secanggih ini gak dimulai dari orang Indonesia sendiri?

Anonim Says :
Jumat, 05 Juni, 2009

gw leh mnt daaftar alat maharaganya dunka!!!!!!!!!!!!!!!!

soraya momon Says :
Minggu, 14 Juni, 2009

waaw.. sepatutnya perkembangan teknologi ini sejalan sama kemajuan ekonomi dong ya? menurut gue ini adalah gambaran kemajuan sumber daya manusia, dimana harusnya semua elemen menunjukkan angka kemajuan termasuk ekonomi, dan pendidikan.

sayangnya pada kenyataannya justru krisis ekonomi dan kesulitan pangan dan pendidikan tidak teratasi juga..

Reza and Bromo Says :
Minggu, 14 Juni, 2009

@soraya momon: mmm...serasa dpt komen dr ahli ekonomi ni jdnya..btw thx bwt komennya!!

Anonim Says :
Selasa, 16 Juni, 2009

menurut lo mungkin ga sih ada teleporter di masa yang akan datang?

Posting Komentar

Thanks for your comment..